Daftar MITSUI BUSSAN SCHOOLARSHIP 2021? Why Not?

 Hallo Guys, sebelumnya mau nanya apa kabar kalian? Semoga kalian sehat-sehat selalu ya dan semangat dalam beraktivitas. Btw mungkin sekarang-sekarang ini lagi musim pendaftaran beasiswa mitsui yak. kalau gak salah setiap tahun deadlinenya sama tanggal 19 Februari atau nggak 18 Februari. Btw aku mau sedikit sharing-sharing dikit tentang my experience when i am apply this schoolarship. 

Disclaimer! Ini berdasarkan pengalaman aku dan aku juga sekaligus cari-cari di website orang lain dan pengalaman mereka yang udah dapat. 

   MITSUI & CO., LTD.

    Sejujurnya, dari yang aku cari tentang beasiswa ini dari mulai website dan youtube jarang banget orang yang cerita atau sharing. Pasti ada beberapa yang cerita di youtube atau blog karena apa? Karena penerima beasiswa ini terbatas guys. Hanya 2 orang dari seluruh orang Indonesia. Kalian mungkin tau beasiswa ini atau pernah denger beasiswa ini dari Jerome kan? Sama gue juga tau beasiswa ini dari dia. Waktu itu kelas 10 gue iseng-iseng liat videonya Jerome dan seru, tujuannya buat liat Kevin sih partnernya dia. Tapi liat Kebobrokannya Jerome jadi deh penggemar Nihonggo Mantappu hingga sekarang. Walaupun agak jarang nonton wkwkw. Dah deh Out Of The Topic Mba.... 

    Oke balik lagi, jadi secara definisi beasiswa mitsui ini merupakan salah satu beasiswa full funded yang diberikan oleh negara sakura yaitu Jepang. Beasiswa ini juga mencakup biaya hidup dan tunjangan kuliah sampai lulus selama 5 tahun. Jadi 1 tahun sekolah bahasa dan 4 tahun kuliah. Beasiswa ini buat anak SMA ya guys (jadi SMK/MA blm bisa, mungkin bisa ikutan MEXT yg lebih bebas) Untuk pilihan jurusan kuliahnya juga beragam. Tetapi milih jurusan kuliahnya belakangan guys setelah keterima beasiswa ini. Berhubung gue belum ada kesempatan dapat ni beasiswa, tapi gue sempat berandai-andai (mimpi aja dulu ya kan, siapa tau rezekinya nanti) tentang rencana jurusan yang aku ambil yaitu Accounting and Economics. Mungkin buat kalian yang kepo jurusannya apa aja bisa seacrh sendiri soalnya udah lumayan lama aku gak buka-buka lagi. hehehe... 

eh tapi aku ada gambarannya dari file mitsuinya


    Waktu aku nyiapin berkas-berkas nya bener-bener penuh drama. Benar apa yang dikatakan orang nyiapin berkas beasiswa itu gak mudah, bilangnya aja iya "aku pengen dapat beasiswa ini" kaya mudah aja ngucapinnya tapi melakukannya ngga mudah sama sekali. mungkin aku sebutin aja kali ya persyaratan daftar beasiswa ini. 

https://www.mbkscholarship-id.com/assets/up/2021/12/Prospectus-10-Dec-2021.pdf

    Ada 5 persyaratan berkas mitsui bussan. Mungkin buat kalian yang mau apply boleh nih siapin dari sekarang mumpung ada waktu. Aku disini bakal ceritain gimana aja cara aku buat siapin tuh berkas. 

  • Yang pertama itu adalah daftar di link yang ada di ketentuan pdf diatas. terus nanti bakal disuruh ngisi formulir online gitu. Ngisinya harus teliti jangan sampai salah klik apalagi salah email. 
  • nah setelah isi formulir kan ada bacaan "thank for apply..." intinya terimakasih sudah daftar nah ini jangan lupa discreenshoot buat nanti bukti pendaftaran gitu. (kayanya ya aku sedikit lupa tapi ya screenshoot aja soalnya dulu aku juga screenshoot) 
  • terus nanti kalian bakal dapat notifikasi email buat dikirim link untuk aploud sebuah dokumen yang diperluin. 
  • abis itu siapin foto kalian ukuran 4*3 cm, diusahakan foto formal background bebas mau merah/biru yang penting polos kaya foto daftar akun LTMPT aja gitu. 
  • Siapin Transkrip Nilai 1-6 dan ijazah sekolah yang telah dilegalisir. Saran aku dalam bahasa inggris soalnya semua berkas dari awal dalam bahasa inggris jadi biar semuanya kembar nih, inggrisin aja semua. Tapi kalau gak memungkinkan pake bahasa indonesia aja sih. Soalnya di webnya gak ada keterangan pake indo atau inggris. Cuma aku lihat dari temen-temenku pada pake inggris hehehe. Kalau diliat punya jerome, dia pake inggris juga. 
  • Surat Rekomendasi dari kepala sekolah dalam bahasa inggris (In English).  Nah ini wajib banget pake bahasa inggris. Buat formatnya bebas mau gimana aja. Kalau aku sih dapat gambarannya dari surat rekomendasi yg MEXT. (bisa dibuka di link https://www.id.emb-japan.go.jp/sch.html)
  • Terus kalau udah semua nih kalian boleh klik link yang tadi di email kalian dan aploud berkas-berkas yang diperlukan deh. Abis itu nanti kaya ngisi data nama, ttl, nilai semester kalian pas SMA, dan prestasi gitu. Untuk kolom prestasi optional, kalau punya ya isi kalau nggak yaudah gak papa. Abis itu tinggal send document dan bakal ada notifkasi email berupa file Pdf yang nantinya akan ada nomer pendaftaran kalian dari formulir pendaftaran yang tadi kalian isi dari link tersebut. Waktu itu aku dapat nomer pendaftaran IPS/2021/00795 (nomer kenangan intinya wkwkkw)
  • Abis itu tinggal tunggu dan pasrahkan pengumuman seleksi dokumennya. Berdoa aja siapa tau rezeki itu yang papa aku katakan ketika aku nekad daftar ini. Karena ya itu peluangnya cuma buat 2 orang :) dari berjuta-juta jiwa di Indonesia. itung sendiri dah .... 

    Mungkin buat sekarang aku bakal cerita pengalamanku bikin berkasnya. Aku punya impian buat apply beasiswa ini dari kelas 10 sih jadi makanya dari kelas 10 aku coba pertahanin nilainya karena buat apply beasiswa ini nilainya harus lebih dari 80 rata-rata setiap semester dan setiap mata pelajarannya. Nanti kalian cek sendiri aja ya di website https://www.mbkscholarship-id.com

  1. Kebingungan membuat transkrip nilai dalam bahasa inggris. 
        Nah ini bikin aku kesel, aku dulu belum tahu bentuk transkrip nilai itu kaya gimana. Apalagi dalam bentuk bahasa Inggris. Inggris dan Inggris (Iyalah kan lo mau kuliah di LN ya semua harus dalam inggris). Aku jadi belajar dari pembuatan transkrip ini. Awalnya aku konsultasi dengan guru bahasa inggris aku buat bantuin bikin transkrip bahasa inggris dan nerjemahin rapot ke dalam bahasa inggris. Loh Kok Nerjemahin Rapot? Oke jadi gini guys, aku gatau kalau di persyaratan itu harus bentuk transkrip atau rapot soalnya kaya bingung gitu kan. Akhirnya aku liat video Jerome lagi kan yang tentang nilai rapot itu, nah ternyata dia rapotnya diterjemahin ke inggris dari semester 1 sampai semester akhir intinya. Aku ikut coba kan nerjemahin rapot. Bayangin bikin rapot inggris dan ngetik ulang dari semester 1 sampai semester 5 (waktu itu aku kelas 12 semester 2, jadi baru ada rapot semester 1). Intinya aku kaya bikin rapot lagi dari awal. Nah selesai bikin rapot itu, aku print dan minta legalisir kan ke sekolah. Pas mau minta ttd, ternyata ada yang salah nulis NIP gurunya. Bayangin aku harus ngetik ulang (kesalahan fatal sih) terus ngejar guru wali kelas karena kebetulan beliau lagi sibuk jadi susah kalau kelamaan. Setelah aku bikin legalisir rapot itu aku pulang. Ternyata pas buka grup ada yang udah aploud dokumen kan. Ternyata di link aploudnya itu ngga bisa aploud lebih dari 1 lembar atau dalam bentuk PDF, alias harus bentuk scan JPG,JPEG, kaya aploud gambar gitu deh intinya. Terus ada yang nyimpulin jadi ini kita buat transkrip bukan rapot biasa gitu kah? ada yang jawab "iya dibuat transkrip". Rasa ingin marah kepada diriku yang tidak teliti dan paham baca dokumen. Jadi posisinya mereka semua baru pada tau gitu. Aku baru ngeh karena kan sekarang pandemi, jadi berkas dikirim online. Nah aku liat Jerome angkatan 2016 aku buka berkas tahun 2016 dikirim offline, pantesan ngirimya rapot berlembar-lembar. Oke disitu aku mulai sedikit setres dan panas otak karena harus bikin ulang lagi dalam bentuk transkrip untungnya temenku ada yang mau share bentuk transkrip bahasa inggris dan aku modifikasi lagi sendiri. Aku harus ke sekolah yang jaraknya 1 setengah Jam agak mager buat ke sekolah soalnya harus naik bis. Karena pada saat itu, online school jadi aku lebih banyak dirumah dan libur buat ngekos. Esoknya aku ke sekolah dari jam 10 Pagi sampai 4 sore buat bikin transkrip. Kenapa selama itu? karena jarak dari rumah ke sekolah jauh, jadi disuruh papaku lamain aja sampai beres dan gak ada yg salah, terus aku juga nunggu ditandatangi harus nunggu mayan lama kalau TU  di sekolahku lagi rame sebagai tempat pendaftaran kuliah dan ujian. Setelah nunggu sampai nahan laper (irit uang jadi gak jajan dulu) akhirnya transkrip jadi dan aku kembali pulang ke rumah. 

  1. 2. Revisi Surat Rekomendasi 
              Nah ini salah satu yang bikin aku makan hati. Lebay amat mbanya :>. Serius! Karena aku sadar aku bukan anak berprestasi banget dan gak sering nyumbang piala kejuaraan ke sekolah (walau hanya sekali sih tapi ga disebutin kesel). jadi aku susah buat minta surat rekomendasi (mau rekomendasi apaan coba). Tapi aku gak nyerah, aku hubungi kakak kelas ku yang kebetulan dulu ada guru bahasa inggris yang mau bantuin bikin surat rekomendasi namanya Pak Sonny. Makasih banyak Pak udah mau bantu bikin surat rekomendasi buat aku hehehe, sehat selalu Pak (jika suatu saat blog saya muncul di google). Yak jadi Pak Sonny ini yang bantuin aku bikin surat rekomendasi karena aku bingung mau bikin ke siapa lagi. Mau bikin ke wali kelas ku dulu tetapi dia menyarankan langsung ke kepala sekolahnya atau ke guru bahasa inggris. Karena kepala sekolah bakal sibuk dan guru bahasa inggris pun aku waktu itu tidak terlalu dekat (bukan dekat sih lebih ke aku jarang aktif di bahasa inggris wkwkw).
            Akhirnya aku kasih file contoh surat rekomendasi dan beliau membantu saya untuk merankai kata-katanya dalam bahasa inggris. Akhirnya kata-kata surat rekomendasi pun selesai. Karena udah aman nih isi suratnya, aku langsung buat dengan format sekolah dan menjelaskan ke bagian TU ini itunya. Saat itu aku hampir revisi 3 kali karena kesalahan typo yang mengetik dan ketinggalan kata yang seharusnya. Jadi mungkin pelajaran juga, kalau bikin berkas atau ngetik bener-bener harus teliti guys. Aku sampai kaya pengin nangis karena salah-salah mulu sampai-sampai aku gak jadi daftar. Tapi waktu itu Papa ku bilang "makanya yang teliti, siapin dari rumah apa yang harus ditandatangan jangan sampai salah lagi. Capek bolak balik sekolah terus". Akhirnya aku mencoba ngetik ulang yang bener dan membawa file di filashdisk agar nantinya tinggal direvisi aja di komputer sekolah. Keesokan harinya, aku berangkat ke sekolah dari jam 9 Pagi dan kebetulan saat itu sepi. Aku langsung membuat ke TU dan kata guru TU nya disuruh sama aku sendiri sok gapapa katanya. Yaudah aku revisi cek berulang kali dan akhirnya dikasih alamat sekolah serta nomer surat dan tadaa.... surat rekomendasi dari sekolah pun jadi. Saat itu cepat selesai dan aku tinggal pulang serta malamnya aku aploud dokumen deh. Rasanya lega kalau udah selesai. Malas mendrama lagi. 
            
            Malamnya aku mengaploud dokumen dan dibuat video sebagai kenang-kenangan. Aku tahu ini sebenarnya B aja sih, cuma buat kenang-kenangan aja wkwkw. Setelah selesai aploud aku pasrahkan dan lanjut belajar SBMPTN dan Mandiri pada saat itu. 
                Setelah beberapa bulan sekitar 1 bulan, akhirnya aku cek pengumuman di website dan senang bukan main serta gak nyangka. Aku berhasil masuk ke seleksi berikutnya yaitu Tes Tulis. Sebenarnya belum senang juga, tapi alhamdulillah dikasih kesempatan sampai Tes Tulis. Sehari setelah tes tulis dapat email undangan untuk ikut tes tulis. disana ada link serta kode akses buat ujiannya. 
Kalau lulus bakal ada undangan invitation gini... 


                3. Kebingungan menjelang TES
                    Oke sampe saat ini aku pun masih bingung. Karena mitsui gak ada gambaran soalnya kaya apa jadi bigung modelnya kek apa pun gatau alias abstrak. Akhirnya aku coba belajar dari soal MEXT D2 dan soal matematika Indo yang anak IPA. Sebenarnya aku belajarnya bingung juga, mana udah lupa lagi rumus dan model gitu-gitu. kenapa belajar yg MTK IPA? soalnya disana ada matematika peminatan yang soal pangkat, logaritma, dan yang susah-susah gitu deh. Aku liat di youtube cara-caranya. terus belajar juga dari soal SAT dari ebook India di google. Buat bahasa inggrisnya aku belajar dari teofl yang dikasih temenku. Lah intinya belajar aja deh pokoknya. Makin pesimis karena yang daftar kebanyakan anak IPA diliat dari dari nomer pendaftaran yang lulusnya wkwkwk. Mungkin ada anak olimp juga :). Apa daya yang hanya sebatas biasa aja. Akhirnya aku jalanin prosesnya dan hari tes pun tiba. 

            4. Hari Tes Berlangsung 
            nah sebenarnya sehari sebelum tes ada sodaraku datang kan. Jadi semalamnya aku gak belajar lagi dan lebih memilih pasrah untuk besok. Aku pulang dari rumah neneku duluan karena sekitar 8.30 tes akan dimulai. Oke aku mulai buka laptop dan menyiapkan kotretan. Kebetulan saat itu gak pake zoom jadi gak ribet (kepikiran googling? boro-boro konsep soal yang dimaksud aja kurang paham. Mau googling apa njir?). Oke untuk soal tahap pertama aku bisa melalui karena masih mudah. Soal tahap kedua sedikit pusing karena ga nemu-nemu jawabannya. udah dibolak balik di coba sana sini gak jadi juga (saat itu aku berharap ada cahaya kepintaran numerik aku bertambah biar aku bisa ngerjain). soal tahap 3 makin ngadi-ngadi. Yaudah lah aku jawab pake filing angka aja disana. Jadi disini kita perlu nulis jawabannya aja gak pake caranya. 
            Terus selanjutnya tes bahasa inggris. Gila itu kaya tes TOEFL. Soalnya panjang-panjang dan bacaannya pun bacaan lebih kritis. banyak kejebak intinya pas inggris. bingung aku jawabnya apa ya. Jadi pas latihan aku ya latihan seadanya aja. Terus bagian gramar juga dulu aku blm tau belajar gramar toefl yg baik gimana (kalau skrg sedikit kebayang walau agak blm bisa juga). Akhirnya aku jawab juga tuh pake filing semoga bener. Tesnya selesai dan aku pasrahkan semuanya. Saran dari aku mungkin dari sekarang banyakin latihan soal bahasa inggris yang jenjang TOEFL, IELTS, SAT. soalnya berguna banget biar gak kaget. Aku juga sampe sekarang tetep belajar sampai bisa. Semangat wkwkwkw. 


            Setelah beberapa minggu dan bulan setelah tes, aku lupa kalau aku daftar ini. Aku penasaran kan gimana sih pengumuman kalau lulus tes itu tandanya apa. Dan ternyata di grup bilang yg lulus ke interiview bakal di email, kalau gak diemail gak lulus katanya. Oke aku langsung buka email (geer dulu) karena emailku tidak bernotifikasi dan pas dibuka tidak ada tanda-tanda lulus interview undangan gitu. Hemm kayanya aku gak lulus deh :(. Yaudah karena gak lulus aku mencoba untuk ikhlas dan kembali fokus mengejar PTN di Indonesia dulu. 
            Setelah satu bulan after Mitsuil, aku coba daftar MEXT mungkin di selanjutnya aja soalnya udah cape ngetik sejam wkwkwk. Oke terimakasih buat kalian yang udah baca Blog ini. Mungkin ini gak terlalu penting sih sebenarnya soalnya aku belum berkesempatan dapat beasiswa ke Jepang, mungkin next time kali ya ada waktunya wkwkwk (semoga pas S2 deh) Aamiin....

Mungkin ada secruit pelajaran berharga dari aku buat kalian dan juga buat aku di masa depan nanti yaitu:
  • Persiapkan beasiswa ini mungkin baiknya setahun sebelum pembukaan atau 6 bulan sebelumnya. jadi dalam waktu itu bisa dipakai dari mulau latihan soal matematika sama bahasa inggrisnya. buat sekarang mungkin udah ada youtube channel yang bahas soal mitsui. kalian seacrh aja di youtube soalnya aku pernah cek videonya dan soalnya persis sama yang aku kerjain. aku juga sempet ss soalnya sampe skrg blm diulik lagi wkwkkw. 
  • Dekatkan guru dan aktif di sekolah. biar apa? biar nanti pas bikin rekomendasi kalian gak bingung gitu. jangan kaya aku (sebenarnya aku udah berusaha buat ikut lomba ini itu tapi ya kalah terus. jadi yaudahlah yaa gimana lagi Let It Flow ae). Terus juga latihan sendiri bikin rekomendasi inggris juga gapapa nanti tinggal minta revisi (pengalaman dari orang lain ada yang gitu juga) atau yaa terserah kalian aja deh. 
  • TELITI dan TELITI. yap bener banget. Kalau mau sekali jadi ya harus teliti jangan revisi terus. kalau revisi suka kadang ya campur-campur sedep rasanya wkwkw. Intinya persiapkan dengan baik dan jangan ada yang salah. 
  • Berdoa dan pasrahkan. Ini wajib banget karena kita gak bisa mengendalikan sesuatu yang bukan tugas kita. Karena kita udah berusaha jadi ya let it flow aja dan kalau udah rezekinya pasti bakal dapat kok. Tapi ya sabar saja dan terus berusaha menebar kebaikan dan menjadi berguna untuk lingkungan sekitar kita. 

Jaaa. Owarimashita .... 
Selesai juga sesi mengetik blog ini. Semoga kalian yang baca selalu dilancarkan rezekinya apapun itu. Yang lagi berjuang buat siapin ini beasiswa GANBATTENE...... Usaha aja dulu, hasil belakangan guys. 
Maaf ya kalau isi blognya ada yang salah dan kurang menarik. 
Doain juga semoga penulis blog ini dapat rezeki beasiswa ke Jepang baik S2 atau pertukaran pelajar kemanapun dengan beasiswa. Intinya semoga bisa dapat beasiswa deh buat biaya kuliah di Indonesia hehehehe..... 

Arigatou Gozaimashita 
Konbanwa 

End ... 
Selesai Ditulis jam 17.38
di Kamar Penulis
Maytamaska...... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2022, I Hope New ......

Jarimu Harimaumu: Belajar dari Dorama Mr.Hiragi Homeroom dari Jepang

Story in First Time in senior high school